3 Tips GREGET Mengatur Keuangan

Hai semua nama gue Ewing dan tulisan ini gue dedikasikan untuk lo semua para SMA yang sedang menabung dari uang jajannya, para mahasiswa yang sedang tiap malam kerja part time tanpa mengenal lembur, atau para first time worker yang selalu pulang malam dengan kerjaan overload tapi tiap akhir bulan salarynya habis untuk bayar tagihan.

Gue punya tips untuk lo untuk mengatur keuangan supaya hubungan lo dengan uang itu jadi semakin baik. Layaknya pacaran, semakin lo mengerti tentang uang, maka semakin sayang juga uang menjadi simpanan lo.

Tips ini gue ambil dari beberapa buku, lalu gue coba sendiri bahkan nanti ada sedikit curhatan gue yang true story, lalu dari situ gue kasih ke lo dan sebisa mungkin lo coba terapin dan kalau sekiranya bermanfaat baguslah dan gue harap lo juga sebarin ke temen lo yang kayanya kerja mulu tapi kok tiap akhir bulan kaya gak punya duit.

So, tips pertama gue adalah Know Your 90 Days Number
Maksudnya adalah lo harus balik lagi ke 90 hari sebelum hari ini dan melihat semua pemasukan atau juga pengeluaran lo.
Entah itu gaji lo, uang jajan, uang dari tante, uang dari om om, uang dari freelance, uang dari endorse, dan lain lain. Setelah itu lo crosscheck kembali berbagai macam pengeluaran lo entah itu tagihan, cicilan, jajanan, belajaan, khilafan, parkir, bensin, toll, dan lain lainnya. Lo bahkan juga tulis berapa dan kepada siapa hutang atau piutang lo.
Kalau lo gak bisa atau gak inget 90 hari kebelakang, yaudah 60 hari, 30 hari, atau bahkan seminggu dengan janji kedepannya lo musti selalu catat terus Your Numbers.
Kalau lo males nulis dibuku, gue punya rekomendasi aplikasi yang cukup mantab untuk mengatur keuangan lo yaitu Money Lover. By the way ini gak diendorse dan kalau pun ada aplikasi keuangan yang mengendose EwingHD gue akan tetap setia dengan Money Lover karena gue udah menggunakan ini satu setengah tahun dan dari sini bisa ketahuan berapa banyak penghasilan gue, pengeluaran gue, hutang gue, pituang gue, asset gue lalu perkembangan ekonomi gue apakah naik turun atau plus minus.
Menurut gue itu penting untuk tau keadaan ekonomi diri lo sendiri setiap saat. Karena bisa jadi takutnya, lo lagi ada tagihan lo lagi ada cicilan dan hutang terus lo malah malah spent money ke hal yang kurang penting. That is not good.
Jadi gue sarankan banget jangan mengambil keputusan ekonomi apa pun tanpa mengetahui 90 Days Number. Kalau lo udah tau, boleh deh lo merencakan keputusan ekonomi yang bakalan lo ambil

Tips kedua gue adalah HEMAT
Ini agak sedikit klise, agak sedikit generic banget saran gue tapi percaya deh ini adalah tips yang ampuh. Hemat itu dalam apa arti scrutinize segala macam pengeluaran lo. Scrutinize itu dalam arti memeriksa meninspeksi lebih dekat, dalam hal ini, pengeluaran lo.
Kalau lo bener bener melakukan 90 Days Number, lo bakalan melihat pengeluaran yang kalau lo gak lakukan, lo gak akan mati. Contoh lets say jajan minum ice blend ketika lo lagi haus. percaya deh, sehaus hausnya lo lo gak akan mati kalau lo gak minum ice blend.
contoh lain, rokok… ummm… hshhhshhhh… ini nih… kita tau bahwa rokok itu gak baik untuk tubuh tapi nikotin itu emang baik untuk otak tapi juga ada cara lain untuk mendapatkan nikotin ke otak selain rokok. jujur gue gak pernah ngerokok karena 1. belinya mahal. 2. biaya nya nanti mahal. lets say kalau gue somehow kena kanker paru paru, gue gak ada biaya untuk berobat, orang tua gak ada biaya untuk berobat dan jadinya ya yaudah ending.
okay kalau ngerokok itu udah kaya kebiasaan lo lah… tiap orang punya posisi masing masing ketika merokok. if you know what i mean.
balik lagi ke hemat, maksud hemat disini, selain memotong beberapa pengeluaran yang sekiranya dipotong, tapi juga memperhitungkan segala macam untung dan rugi ketika lo melakukan pembelian. pembelian ini harus lo hitung dari yang paling mahal dan juga juga paling murah. lets say kalau lo tahun ini lo berencana untuk membeli hp baru yang seharga 5 juta, pertanyaan nya adalah bisa gak lo menghasilkan uang menggunakan hp ini sepalingtidaknya 5 juta? Kalau lo bisa, maka pembelian lo dianggap menguntungkan dan handphone itu berubah menjadi asset.
tapi kalau lo ternyata lo punya hp lama yang tahun lalu masih lo beli baru dan masih jalan, kenapa pula lo musti beli hp baru tahun ini?
gue sendiri bahkan scrutinize pengeluaran gue sampai ke pembelian makan dan minum. daripada gue jajan, mendingan gue bawa bekal dan bawa termos yang isinya kopi. so kalau lo somehow ngeliat distasiun atau diluar stasiun ada orang pake pakean hitam sambil diam diam mencari kesempatan untuk makan dan minum itu biasanya gue. jadi diem diem aja yak. tapi tenang aja gue kalau udah dikereta gak makan minum kok.

Tips terakhir adalah ATUR BUDGET 
Yup. Klise dan generic. Tapi percaya deh, gak banyak anak sma atau kuliah yang tau cara mengatur budget. Gampangnya begini, begitu lo mendapatkan penghasilan langsung atur penghasilan tersebut dengan metode 50, 30, 20. Lets say bulan ini lo mendapatkan gaji, supaya gampang ngitungnya, 10 juta. 10 juta itu kita bagi menjadi 50% 30% dan 20%.
50% pertama itu membayar fix cost atau berbagai macam pengeluaran yang sudah pasti lo keluarkan setiap bulannya atau bakalan ditagih untuk bulan depan. Kaya cicilan, kaya uang makan, kartu kredit, bensin, dan lain lain. Pokoknya segala macam pengeluaran yang pasti ditagih, itu sudah lo atur sejak pertama kali juga lo mendapatkan penghasilan.
30% kedua itu untuk tabungan atau investasi. Entah itu tabungan sekedar tabungan, tabungan untuk masa tua, investiasi jangka pendek jangan panjang dan berbagai macam finansial goals lo. by the way ngomongin soal tabungan, lo sebaiknya nabung dulu sampai tabungan lo ini menutup biaya hidup lo untuk 6 bulan kedepan. dengan begitu kalau sekiranya dagangan lo gak laku, lo kehilangan pekerjaan lo, atau something bad happpened, lo masih punya uang untuk pegangan. selama lo belum punya tabungan untuk menutup biaya hidup selama 6 bulan kedepan, gue sarankan hidup minimalis.
20% terakhir adalah untuk flexible money. Ini adalah uang yang sekiranya bakalan lo gunakan untuk nongkrong dengan teman, untuk rekreasi kecil kecilan, untuk menghadiahi diri lo sendiri, dan lain lainnya. bisa dibilang ini adalah uang yang bakalan nemenin lo sampai lo setiap harinya sampai lo mendapatkan penghasilan lagi.

segitu aja 3 tips greget mengatur keuangan dari gue. emang sih sedikit dasar dan generic banget tapi percaya deh, dengan lo gak rugi ketika belajar tentang uang apalagi keuangan lo sendiri. dengan mempelajari uang, lo bisa tau kapan lo belanja, beli aset, atau bahkan mengajukan kredit.

sedikit kata kata dari gue : Mempunyai penghasilan yang banyak itu memang atau tidak selalu mempunyai kebebasan finansial, tapi mengatur uang dengan tepat, pastinya adalah jalan menuju kebebasan finansial.

terakhir nama gue ewing dan sampai jumpa lagi di ewing vlog selanjutnya.

 

3 Tips GREGET Mengatur Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s